Senin, 08 Juli 2013

"PUASA ANTI GARING"

Puasa sebentar lagi. Hayo, udah pada siap, belum?
Mungkin topik ini udah berulangkali dibahas hingga bosan. Yah, manusia juga cenderung pelupa, jadi nggak ada salahnya saling mengingatkan lagi – bahkan untuk hal yang sama.
Banyak cara produktif untuk menjalani bulan puasa. Insya Allah, semoga beberapa cara di bawah ini termasuk anti garing. Amin!

1.Banyak beribadah.
Kalo bisa lebih banyak dari bulan-bulan lainnya, hehe. Nasihat klise, memang, terutama buat saya yang asli ‘hancur’. Kapan lagikah kita akan beruntung dipertemukan dengan Ramadan? Semoga lagi, lagi, dan lagi – hingga akhir hayat. Amin!
2.Lebih giat berdoa.
Lemes sih, tapi masih lebih baik daripada bengong. Selain bikin tambah lemes, bengong pun berpotensi membatalkan puasa – terutama bila berujung memikirkan yang ‘aneh-aneh’. Hiih!
3.’Melahap’ bacaan.
Buat kamu yang doyan baca tapi akhir-akhir ini tidak sempat (atau mungkin lebih memilih melakukan yang lain), ini saatnya ‘melahap’ bacaan lebih banyak dari biasanya. Daripada bengong mikirin lapar dan haus, lebih baik menambah ilmu.
4.Ajang kreatifitas.
Buat para penulis atau yang hobi gambar dan desain, ini saatnya berkarya. Kalo ada waktu luang, daftarkan dirimu ke workshop kreatif sesuai minatmu – atau cek lomba-lomba yang ada di dunia maya. Siapa tahu, setelah bulan puasa kali ini, makin banyak penulis, desainer, dan seniman canggih Indonesia bermunculan!
5.Jaga kesehatan.
Mau olah raga di bulan puasa? Boleh. Justru malah disarankan (selain menjaga pola makan dengan baik dan benar agar puasa lancar!) Seorang teman yang sudah terbiasa menyarankan agar kita berolah raga sekitar satu jam sebelum waktu berbuka. (Biar habis itu langsung minum.)
Mau olah raga pagi? Boleh. Kecuali kita terbiasa seperti Zine Zidane, tidak disarankan untuk berolah raga kelewat ‘heboh’. (Terutama yang sedang kelebihan berat badan seperti saya, hahaha!)
6.Jaga jarak dengan orang-orang bermulut dan berkelakuan ‘garing’.
Nggak perlu memusuhi, apalagi sampai menyumpahi. Doakan mereka agar segera sadar dan berubah ke arah yang lebih baik. (Kalo belum, itu urusan pribadi mereka sama Yang Di Atas – dan maksud saya bukan pilot yang lagi lewat di angkasa dengan pesawatnya!) Mereka yang bermulut dan berkelakuan ‘garing’ mungkin hanya cari perhatian, butuh pengakuan, hingga lupa atau malah tidak pernah diajari tata-krama dan sopan-santun sama orang tua. Kasihanilah mereka yang pikirannya belum – atau sulit – terbuka, terutama karena mereka menolak untuk mencoba.

Mungkin ada tambahan lain? Selamat menjalankan ibadah puasa.

R.

(Jakarta, 5 Juli 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar