Rabu, 15 April 2015

“BLOGGING COMPETITION LAUNCH: INDONESIAN YOUTH INVOLVEMENT IN IMPLEMENTING THE POST-2015 DEVELOPMENT AGENDA"



(Ajakan untuk Kaum Muda untuk Lebih Peduli Masalah Bangsa Lewat Menulis Blog)
  
Apa itu “The Post-2015 Development Agenda”? Berawal dari delapan goal / tujuan yang dicanangkan United Nations dalam MDGs mereka, program tahunan ini kini berkembang menghasilkan 17 goal dan 169 target yang diusulkan oleh The Open Working Group on Sustainable Development Goals (OWG). Beberapa diantaranya termasuk mengentaskan kemiskinan dalam bentuk apa pun, mengakhiri kelaparan dan mengusahakan pengadaan bahan pangan dan makanan yang sehat dan terjamin, serta fasilitas kesehatan yang memadai.
            Berdasarkan data lapangan terakhir (“From MDGs to Post-2015”), Indonesia telah mengalami banyak kemajuan dalam mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan taraf pendidikan, meningkatkan kesetaraan gender, hingga mengurangi jumlah penderita  TBC. Sementara itu, beberapa tantangan yang masih harus dihadapi Indonesia berupa tingginya kematian ibu (terutama saat melahirkan), jaminan bahan pangan dan nutrisi makanan, hingga masalah HIV/AIDS.

            Mengapa fokus agenda ini lebih banyak kepada kesehatan? Menurut data statistik yang dibahas Dina, salah satu dalam seminar Millennium Development Goals (MDGs): “The Post-2015 Development Agenda” pada 15 April 2015, masalah kesehatan global mulai menguak lebih serius pada awal tahun 2000-an. Meskipun sekitar 180 negara ikut terlibat dalam MDGs – terutama Indonesia – masing-masing mempunyai indikator yang berbeda, yang tentu mempengaruhi prioritas goal dan target yang ingin mereka capai. Dalam hal ini, UN berperan sebagai pendukung atau fasilitator bagi negara untuk mencapai goal yang sudah disepakati. Meski demikian, pemerintah tiap negara yang bersangkutan tetap bertanggung-jawab melaksanakan pencapaian goal mereka di lapangan, misalnya: mendanai MDGs untuk khusus negara masing-masing dan mengirim laporan tahunan ke Sekretariat MDG di New York, setelah sebelumnya dipresentasikan kepada badan-badan UN lainnya yang terkait program tersebut.

Bagaimana cara kaum muda Indonesia berpartisipasi dalam usaha mencapai target yang terdapat dalam Millennium Development Goals (MDGs): “The Post-2015 Development Agenda”? Tak perlu berat-berat, terutama bagi mereka yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa. Pengusaha muda – atau yang masih merasa berjiwa muda – pun bisa ikutan.
            Salah satunya adalah dengan mengikuti Kompetisi Menulis Blog yang diadakan United Nations. (Info lebih lengkap dapat diakses di situs mereka: www.un.or.id .) Selain sebagai sarana berekspresi, para blogger juga dapat mengkampanyekan usul hingga usaha untuk membantu mencapai target tersebut – berdasarkan kapasitas mereka sebagai kaum muda. Deadline kompetisi menulis blog ini akan berakhir pada 13 Mei 2015. Peserta juga dapat membagikan entri blog mereka melalui jaringan media sosial.


1 komentar:

  1. Keren tulisannya mbak mbak Ruby, izin pake foto Miss Dina ya, saya gak sempat ngambil, hp lagi lowbet..... sukses...

    Salam:
    Nur Terbit
    www.nurterbit.com
    www.kompasiana.com/daeng2011
    www.new.nurterbit.blogdetik.com

    BalasHapus