Jumat, 29 Mei 2015

"CATATAN SEDERHANA JUMAT PAGI"

Saya hanya ingin menulis sesuatu yang sederhana, sesuatu yang biasa namun kerap terlewat hingga terabaikan atau bahkan terlupakan. Kebiasaan buruk manusia biasa yang cenderung menyepelekan segala sesuatu, karena menganggap semua milik kita dan akan selalu ada.
            Sayang sekali, kita selalu lupa. ‘Selamanya’ bukan, tak pernah, dan takkan menjadi milik kita. Semua hanya sementara, pinjaman pula. Kita tidak pernah benar-benar punya apa-apa. Besok-besok kita bisa kehilangan segalanya.
            Karena itulah, saya memutuskan bahwa saya hanya ingin menulis sesuatu yang sederhana, seperti... rasa syukur. Tolong, mohon ingatkan saya bila lagi-lagi saya lupa melakukannya. Semoga saya juga ingat untuk melakukan yang sama untuk Anda. Semoga ini tak hanya berlaku untuk hari ini saja, namun selama sisa hidup kita yang batasnya masih dan akan selalu menjadi tanda tanya alam raya. Hanya Sang Pemilik Semesta dan seisinya yang punya semua jawabannya. Bukan kita. Kita tak pernah benar-benar tahu apa-apa. Kita hanya bisa percaya, berdoa, dan berusaha.
            Hari ini, saya bersyukur masih mendengar orang berdoa. Matahari masih terbit dari timur. Al-Qur’an masih dibaca. Ka’bah masih ada.
            Saya masih dapat makan dan minum. Bepergian dan bekerja. Bertemu teman-teman dan berbagi cerita. Mendengar suara sahabat saya lewat telepon. Pulang mengunjungi keluarga di akhir pekan. Bermain, memeluk erat, dan mencium pipi para keponakan. Mengungkapkan rasa sayang. Meminta maaf dan memaafkan. Mendoakan yang terbaik bagi semua orang, siapa pun Anda. Saya enggan berdebat macam-macam lagi di social media. Saya lelah, enggan membuang tenaga dan pikiran untuk sesuatu yang percuma. Waktu jadi semakin terbuang sia-sia. Hanya amarah yang akan merajalela.
            Bersujud memohon ampunan-Nya. Kesempatan itu belum tentu selalu ada. Semoga kita semua masih memilikinya.
            Siapa dan dimana pun Anda, semoga hari ini dan seterusnya berjalan baik bagi kita semua. Semoga kita semua baik-baik saja. Selamat berakhir pekan. Salam damai.
            Aamiin...

            R.

            (Jakarta, 29 Mei 2015, 9:00)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar