Senin, 18 April 2016

"ENGGAN AKU JADI SELEBRITI INDONESIA"

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Kata mereka, aku bakal kaya
bisa punya semua, disukai siapa saja
Kata mereka, aku akan bahagia
Namun, hidup ini harus rela jadi milik mereka

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Mungkin, bagimu aku terdengar munafik luar biasa
Siapa yang tidak ingin terkenal di layar kaca,
bergelimang harta, wajahnya dimana-mana?
Siapa yang tidak ingin berprestasi, bawa pulang Piala Citra?

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Lelahnya diwawancara
Pertanyaannya itu-itu saja
Klarifikasi gosip dengan fakta
Seakan dunia perlu tahu semua

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Jarang ditanya karya
atau bahkan proyek berikutnya
Lebih sering ditanya lagi pacaran sama siapa,
kapan kawin dan kenapa belum punya anak juga?

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Pasti ada saja yang tidak suka
Salah sedikit dicela-cela
Aib setitik dibuka-buka
Jadi bulan-bulanan media massa

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Lagi tinggi, dipuja-puja
Saat jatuh, dihina-hina
bahkan dilupakan begitu saja
Namanya juga manusia biasa
bukan dewa, jauh dari sempurna

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Saat cerai, semua mau laporan lengkapnya
termasuk anak nanti ikut siapa
atau dapat sisa harta berapa?
Ah, memangnya itu urusan mereka?

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Sepertinya, butuh kesabaran luar biasa
Terlihat dermawan, disangka cari muka
Berbuat baik, dituduh pencitraan belaka
Ajaib bila tidak sampai sakit jiwa
Tantangannya serba gila

Enggan aku jadi selebriti Indonesia
Suka ditanya, lagi pakai baju (merek) apa
Kenapa menggemuk dan apa pasangan masih cinta?
Apakah anak nanti akan berkarir di jalur yang sama?
Bila sakit dan sakitnya lama, disangka ada yang kirim 'guna-guna'

Sungguh, aku enggan
Rasanya melelahkan
Untung saja bukan...

R.
(Jakarta, 16 April 2016 - 14:30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar