Minggu, 29 November 2015

#CSW-CLUB DIARIES: "KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN"

Mungkin ini termasuk salah satu topik terberat dalam sejarah pertemuan The Couchsurfing Writers' Club di Jakarta. Sesi ini juga sekalian memperingati "Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan". Kampanye "Orange Your Hood" sudah berlangsung sejak 25 November kemarin hingga 10 Desember nanti.
Sudah terlalu lama kita terkungkung dalam budaya patriarki yang kebanyakan hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya, dalam hal ini lebih enak di laki-laki daripada perempuan. Sudah terlalu banyak cerita duka di baliknya, baik yang masih tersimpan rapat sebagai rahasia maupun yang dengan berani dibagi kepada dunia, tak peduli cemoohan mereka. Sudah terlalu lama kita hanya bisa saling tuding, saling mencari kambing hitam, hingga ajang balas dendam tanpa penyelesaian yang memuaskan semua pihak. PR kita masih banyak. Sangat banyak.
Semoga kita semua dapat dan mau bekerja sama menangani akar masalah global ini: cara kita memandang perempuan sebagai individu dengan identitas sendiri yang berhak diakui dan dihargai, bukan sekedar pelengkap hidup laki-laki. Semoga tidak ada lagi anak perempuan yang dilecehkan teman laki-lakinya, meski dengan alasan "penasaran/coba-coba". Tidak ada lagi perempuan yang disiuli dan dipanggil-panggil dengan ucapan tidak senonoh di pinggir jalan oleh para lelaki berandalan yang sepertinya kurang kerjaan (atau jangan-jangan memang pengangguran?) Apa pun yang mereka kenakan dan meskipun sedang sendirian, tak perlulah mereka jadi sasaran.
Semoga tidak ada lagi perempuan yang menjadi korban kekerasan, baik oleh keluarga, pasangan, hingga lingkungan yang sering bisanya hanya menghakimi tanpa memberi solusi.
Cinta harusnya memberikan rasa aman. Semoga para kekasih mereka (pacar/suami) yang kasar segera sadar dan memperbaiki diri sebelum terlambat. Semoga para orang tua dan kerabat tidak memandang rendah anak perempuan mereka, hanya karena belum juga menikah.
Semoga para perempuan yang (terlanjur) terluka diberi kekuatan untuk bangkit kembali, memaafkan diri sendiri, dan belajar berdamai dengan masa lalu. Semoga mereka juga akan kembali mulai (lebih) mencintai diri sendiri...
R.
(Jakarta, 27/11/2015 – 11:05. Ditulis berdasarkan diskusi apik dalam pertemuan The Couchsurfing Writers’ Club pada tanggal 26 November 2015, pukul 20:00 di Anomali Coffee - Senopati. Tema: “Kekerasan Terhadap Perempuan”.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar